Peraturan dan realitasnya di sekolah

Disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah kesanggupan Pegawai Negeri Sipil untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin.

  1. Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah PNS Pusat dan PNS Daerah.
  2. Pelanggaran disiplin adalah setiap ucapan, tulisan, atau perbuatan PNS yang tidak menaati kewajiban dan/atau melanggar larangan ketentuan disiplin PNS, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar jam kerja.
  3. Hukuman disiplin adalah hukuman yang dijatuhkan kepada PNS karena melanggar peraturan disiplin PNS.

Itulah bunyi pasal ayat 1 -4 dari PP no 53 tahun 2010 tentang Disiplin pegawai Negeri, peraturan ini berlaku bagi semua pegawai baik diingkungan departemen,kementrian, pemerintah pusat sampai daerah baik struktural maupun fungsional

Bagi para Guru, adanya peraturan yang baru ini secara tidak langsung telah mengikat dirinya untuk tidak pulang sebelum pukul 13. 50 setiap harinya kecuali hari jum’at tentunya, bagi guru ini adalah merupakan “siksaan dan paksaan” yang harus dijalani, kenapa dikatakan siksaan karena guru-guru sudah terbiasa untuk datang telat dan pulang kurang dari jam 12, sehingga menjadi paksaan untuk pulang lebih dari pukul 12

Di dalam PP no 53 tahun 2010 diatur mulai dari hak dan kewajiban, jenis pelanggaran disiplin, sangsi sampai dengan banding terhadap sangsi yang ada.

Menjadi pertanyaan besar ‘’ SUDAH KAH SEMUA PNS GURU MELAKSANAKAN PP no 53 Tahun 2010 ?“

Adanya PP no 53 tahun 2010 ini dilandasi karena selama ini Hampir semua PNS baik yang ada di pusat maupun daerah setelah Cuti bersama selalu ada liburan tambahan, apalagi dilingkungan Kemendiknas terutama para Guru, selama ini Guru menjadi pantauan bagi semua kalangan karena sering libur bila tidak ada kegiatan KBM, dan sering “meliburkan diri” dengan alasan rapat dinas padahal kebanyakan isi rapat dinas hanya Formalitas belaka disebabkan keputusan sudah ada ditangan Kepala Sekolah sehingga isi rapat ddinas di isi dengan kegiatan yang lain misalnya makan-makan atau yang lainnya.

Penulis merasa prihatin dengan keadaan guru tidak tetap ( GTT ) dengan semangat kerja yang tinggi dan beban kerja  yang sama dengan guru PNS tetapi untuk masalah kesejahteraan jauh dari guru PNS apalagi guru yang sudah Sertifikasi sehingga menimbulkan kecemburuan sosial yang tinggi.

Bagaimana cara mengatasi kesenjangan ini ?

Pemerintah dalam hal ini Kemendiknas khususnya Dinas Pendidikan Nasional harus mengacu pada perundang-undangan yang berlaku jika ada guru yang kerja dengan seenaknya sendiri, tentunya harus ditindak sesuai dengan kadar kesalahannya, tapi apakah ini bisa berjalan dengan baik kalau orang-orang yang ada di lingkungan dinas pendidikannnya sendiri sering melanggar aturan yang ada.

Begitu kompleksnya permasalahan yang ada pada dunia pendidikan sehingga terjadi pengawasan  yang kurang terhadap pelaksanaan PP no 53 thn 2010 ini, maka diperlukan peran dari semua pihak untuk mengawasinya. Hampir semua guru mengeluh terhadap PP no 53 ini disebabkan kegiatan mereka semakin padat.

Sebetulnya ada peraturan baru tentang Standar Biaya Tahun Anggaran 2012 yaitu PMK no 84 yang isinya mengatur pengeluaran keuangan negara di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yang isinya meningkatkan kesehjateraan pegawai.

Kembali ke pokok masalah dari begitu banyak peraturan yang ada kalau si pelaku tidak meaksanakan perundang-undangan maka akan menjadi percuma saja malah semakin banyak pelaku pelanggar-pelanggar baru untuk peraturan yang ada

Indonesia………..Indonesia.!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s