Apakah PAKEM Cocok untuk Siswa SD ?

Menurut Jean Piaget, perkembangan berpikir manusia dibagi dalam 4 tahap. Tahap I (usia 0-2 tahun) tahap sensorimotorik, tahap II (usia 2-7 tahun) tahap pra-operasional, tahap III (usia 7-12 tahun) tahap operasional konkret, dan tahap IV (usia 12-dewasa) operasional formal (Piaget dalam Suparno, 1997: 34). Berdasarkan tahapan perkembangan berpikir itu, maka siswa SD berada pada tahap operasional konkret. Artinya kalau guru menjelaskan suatu konsep baru harus disertai dengan alat peraga yang dapat dilihat, dicium, atau diraba. Sementara, anak juga punya potensi lahir yang berupa rasa ingin tahu yang tinggi dan daya imajinasi. Potensi ini akan berkembang jika dilayani sesuai dengan hakikat anak belajar, yakni bahwa anak suka meniru apa yang dilakukan orang dewasa, anak belajar sambil bermain dan berbuat, dan anak belajar menggunakan banyak indera. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran yang cocok adalah dengan menggunakan benda-benda konkret di mana anak bisa memanipulasi dengan kemampuan berpikir dan kinetiknya (gerak/berbuat).
Selain itu, menurut hasil riset Neurologi, perkembangan otak manusia mencapai 80% terjadi pada usia 0 sampai 8 tahun. Setelah itu akan terus berkembang tetapi semakin lamban (dalam Pedoman Tematik, Puslitjaknov,2007:9). Jadi pada kelas-kelas awal SD, anak berada pada usia emas (golden age). Oleh karena itu, guru harus melayani belajar anak sesuai dengan hakikat dan tahap perkembangannya, sehingga anak dapat mengembangkan keingintahuan dan potensinya secara maksimal, termasuk bakat dan minatnya. Proses belajar aktif yang sesuai dengan karakteristik belajar anak, tentu juga akan mengembangkan kemampuan berbahasa/berkomunikasi sejalan dengan kemampuan berpikirnya. Belajar melalui kerja kelompok, mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan bertanya, mengemukakan pendapat, mengekspresikan gagasan, bercerita/ menceritakan pengalaman adalah sarana mengembangkan kemampuan berbahasa, sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir dan bernalar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s